Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking Terbaru 2021

Jutaan website yang ada di mesin pencari saling bersaing untuk mendapatkan peringkat/ rangking di Google. Tentunya supaya keuntungan dan kredibilitas mereka meningkat. Anda bisa meminta bantuan dari Garuda website dalam hal pengoptimalisasiannya. Salah satu jasa mereka adalah Garuda backlink.

Backlink bermanfaat juga untuk menambah traffic dan meningkatkan ranking website Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi ranking website di Google, jumlahnya sekitar 200. Maka dari itu tidak heran jika persaingan sangat ketat dalam hal menempati peringkat pertama di Google.

Faktor penilaian yang banyak ini sengaja Google buat supaya tidak ada manipulasi dan dapat memberi keadilan. Akan tetapi tidak perlu semua faktor tersebut harus Anda penuhi, faktor-faktor paling penting saja. Oleh karena bobot setiap faktor tersebut berbeda.

Faktor paling utama yang perlu Anda perhatikan antara lain search intent, backlink, kualitas konten, mobile friendly, kecepatan website, domain authority, struktur website, optimasi kata kunci, user experience, dan keamanan website.

Mari kita bahas satu persatu tentang beberapa faktor penting tersebut secara singkat.

1. Kualitas dari konten

Jika ingin mendapatkan peringkat tinggi di Google maka Anda harus memiliki konten yang berkualitas.

Meskipun faktor lain telah terpenuhi tapi yang satu ini tidak maka sampai kapan pun website Anda tidak akan pernah ada di peringkat pertama.

Mengapa demikian?

Oleh karena kualitas dari konten itu saling berhubungan dengan misi dari Google. Misi tersebut adalah memberikan informasi yang dapat dengan mudah diakses semua orang serta memberikan informasi bermanfaat.

Salah satu ciri konten berkualitas adalah kelengkapan konten. Contohnya adalah membahas secara mendalam topik yang dibuat.

2. Backlink

Backlink merupakan link yang terpasang di website lain dan mengarah ke website Anda. Begitu juga sebaliknya.

Jika jumlah backlink menuju situs Anda semakin banyak jumlahnya maka bisa dianggap web Anda itu bermanfaat, penting, serta bisa dipercaya.

Itulah mengapa backlink masuk sebagai faktor utama di Google ranking. Penggunaan backlink juga sama seperti konten yaitu harus memiliki kualitas tinggi.

Maka dari itu harus dibuat dari website lain yang kredibilitasnya juga tinggi.

Backlink yang digunakan juga harus relevan dengan website yang menjadi target. Tidak mungkin kan sebuah website membahas produk kecantikan tapi backlinknya menuju website yang menjual mesin cuci.

3. Search Intent

Maksud dari search intent secara sederhana adalah membahas hal yang yang benar-benar diperlukan infonya oleh pengguna.

Misalnya saja jika pengguna mencari di search engine mengenai tips ternak lele maka yang harus Anda bahas adalah cara untuk melakukan ternak tersebut. Bukan justru membahas sejarah ternak lele di Indonesia.

Oleh karena itu harus selalu perhatikan search intent sebelum Anda membuat konten. Oleh karena pembahasannya harus sesuai.

4. Mobile Friendly

Saat ini traffic website yang paling besar asalnya dari perangkat mobile bahkan menyentuh angka 52,2%. Itulah mengapa website Anda harus mobile friendly.

Google telah membuat algoritma baru pada tahun 2018 mengenai Google mobile first index yang mengutamakan performa pada perangkat mobile dibandingkan di komputer.

Contoh website yang mobile friendly adalah ketika dibuka pada smartphone akan mudah loadingnya serta tampilannya rapi.

5. Optimasi Kata Kunci

Kata kunci tentu akan selalu digunakan oleh para pencari informasi di Google. Harus ada pengoptimalan kata kunci supaya website Anda berada di rangking atas Google.

Optimalisasi ini dikenal dengan nama SEO on page. Kata kunci harus ada pada judul, isi, gambar, tag, meta deskripsi, dan hal lainnya dalam web.

Itulah beberapa apa faktor penting yang bisa menentukan ranking website Anda di Google.

You May Also Like

About the Author: Nisa