Cara Setting Jam Digital Masjid Mudah

Cara Setting Jam Digital Masjid Mudah – Saat ini banyak masjid dan musholla menggunakan jam digital masjid karena memang memiliki banyak fungsi yaitu bisa menampilkan waktu sholat, bisa mengingatkan waktu sebelum sholat, dan masih banyak lagi.

Namun tidak semua orang bisa mengatur jam digital tersebut, apalagi jika masih awam. Seperti yang kita tahu bahwa jam digital juga memiliki beberapa fitur seperti terdapat alarm pengingat waktu sholat, mengkrontrol dari jarak jauh menggunakan remote, terdapat running text dan lain-lain.

Nah jika kamu maish bingung cara setting jam digital masjid, tenang saja. Kali ini kami akan membagikan cara setting jam digital masjid yang bisa kamu coba:

  1. Cara Mengatur Kalender

Cara seeting jam digital masjid yang pertama ialah cara mengatur kalender. Pertama yang harus kamu lakukan ialah pencet tombol “menu” dan kemudian silahkan pilih “kalender”.

Di dalam menu kalender terdapat tombol (+) dan juga (-) pada jam digital. Kamu bisa manambah atau mengurangi untuk mengatur kalender yang ada pada jam digital. Pertama, kamu bis amengatur jam, kemudian menit dan dilanjutkan untuk mengatur detik pada jam digital tersebut.

Bah jika sudah semua, kamu bisa kembali ke tombol “menu” agar bisa menampilkan tampilan awal seperti sebelumnya.

  1. Cara Mengatur Jeda Adzan dan Iqomah

Cara setting jam digital yang kedua ialah cara mengatur jeda antara adzan dan iqomah. Biasanya jeda antara adzan dan iqomah ialah 10 menit agar ketika waktu jeda tersebut, para jama’ah bisa melakukan sholat sunnah.

Kemudian, silahkan ke setting atau pengaturan pada menu. Lalu silahkan pencet (+) dan nantinya akan muncul , kemudian tulislah subuh. Ini artinya waktu jeda antara adzan dan iqomah pada waktu sholat subuh. Jika waktu jeda yang sudah ditentukan ialah 10 menit, jadi kamu bisa mengatur sepert 00.10.

Dengan begitu, jeda antara adzan dan iqomah ialah 10 menit yang dimulai dari waktu sholat dan nantinya akan mengeluarkan bunyi alarm sebagai pertanda.

  1. Cara Mengatur On dan Off

Cara setting jam digital yang ketiga ialah cara mengatur On dan Off. Kamu bisa mengatur kapan jam harus mati dan menyala dengan cara mode standby. Kamu bisa mengatur jam mati atau off pada jam 10 malam yang mana pada jam tersebut sudah tidak ada jama’ah yang masuk ke dalam masjid.

Namun jika pada hari raya idul fitri, kamu bisa menyalakan pada malam hari. Jadi kamu tinggal mengklik on atau off seperti jadwal yang sudah ditentukan.

Kamu bisa melakukanya sendiri dengan melihat cara setting jam digital masjid dengan mudah. Namun perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak fitur yang dimiliki jam digital, tentunya akan semakin sulit juga pengaturanya. Meskipun begitu, masih tetap sama dalam Langkah-langkah pengaturanya kok. Kamu juga bisa melihat banyak info di situs bisniz.id tentang jam digital masjid.

 

You May Also Like

About the Author: Nurul